Flek Menjelang Haid, Termasuk Darah Haid atau Bukan?

3,674

Ustadz, beberapa bulan terakhir ini setiap kali akan datang bulan (haid), saya mendapati flek kecoklatan yang keluar sekira 6 jam sebelum haid. Apakah itu termasuk haid atau bukan? Perlu diketahui bahwa sifat flek dan darah haid berbeda. Terima kasih atas jawabannya. (Ummu Ayesha—Jakarta)

 


 

Para ulama membedakan antara flek yang keluar sebelum haid, apakah ia bersambung dengan haid atau tidak. Jika keluarnya flek kecoklatan bersambung dengan haid atau ketika keluar diiringi dengan tanda-tanda ketika wanita ini mengalami haid, seperti nyeri perut, sakit pinggang atau kontraksi tubuh lainnya, mereka mengkategorikannya sebagai haid.

Namun jika tidak bersambung atau keluarnya tidak diiringi rasa sakit atau nyeri di perut, mereka berpendapat, itu tidak termasuk haid sehingga perempuan yang mendapatinya masih berkewajiban untuk melaksanakan shalat dan shiyam Ramadhan—jika ia mendapatinya di siang hari bulan Ramadhan.

Ibnu Abdil Barr berkata, “Kesimpulan yang benar menunjukkan bahwa shufrah dan kudrah sebelum haid dan pasca haid statusnya sama. Sebagaimana haid dalam semua waktu statusnya sama.” (al-Istidzkar, 1/325)

Shufrah dan Kudrah yang dimaksud oleh Ibnu Abdul Barr adalah dua hal yang disebut oleh Ummu ‘Athiyah ra dalam pernyataannya, “Kami dulu tidak menganggap shufrah dan kudrah yang keluar pasca-haid sebagai bagian dari haid.” (HR. Bukhari 326 dan Abu Daud 307)

Shufrah adalah cairan berwarna kekuningan, kudrah adalah cairah keruh kecoklatan.

Silakan dicermati lagi, apakah fleknya termasuk jenis yang pertama atau yang kedua. Wallahu a’lam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.